Sunday, June 27, 2021

Memiliki Suatu Berat Badan yang Ideal Belum Tentu Pola Hidup Sehat

 Berat badan yang ideal tidak dapat menjamin dengan penuh apabila tubuh seseorang tersebut berada pada kondisi yang prima serta terbebas penyakit. Memang jika obesitas maupun berat badan yang berlebihan dapat bisa meningkatkan suatu risiko munculnya suatu penyakit tertentu, contohnya seperti penyakit stroke, diabetes dan juga penyakit jantung. Akan tetapi penyakit tersebut dapat juga terjadi bagi orang yang memiliki berat badan ideal atau normal.

Berat badan yang ideal juga dapat ditentukan dengan menggunakan suatu kalkulator BMI atau Body Mass Index yang juga disebut pada suatu tes kesehatan yang digunakan sebagai indeks massa tubuh atau IMT. Akan tetapi IMT sendiri tidak dapat menjadi suatu tolak ukur yang tepat dalam mengevaluasi suatu kondisi pada kesehatan seseorang.

Hal tersebut disebabkan karena rumus dari IMT hanya dihitung dari perbandingan berat badan serta tinggi pada badan. Salah satu dari kekurangan pada perhitungan IMT yaitu metode tersebut tidak menjadi penentu pada jumlah serta distribusi pada lemak yang berada di dalam tubuh.

Seorang binaragawan juga dapat mempunyai suatu nilai IMT tinggi walaupun memiliki kadar lemak yang rendah pada tubuhnya. Walaupun tinggi jumlah dari lemak yang berada pada tubuh merupakan hal penting dalam menilai risiko pada seseorang yang mana terkena penyakit kronis contohnya seperti diabetes dan juga penyakit kardiovaskular.

Memiliki Suatu Berat Badan yang Ideal Belum Tentu Pola Hidup Sehat

Orang kurus juga dapat memiliki lemak yang banyak

Menurut penjelasan pada IMT yang ada di atas tadi, dapat disimpulkan jika seseorang yang memiliki berat badan normal atau ideal yang terlihat kurus juga dapat memiliki persentase berlebihan pada lemak tubuh. Kondisi tersebut merupakan istilah dari TOFI atau Thin outside, fat Inside.

Sebaliknya juga jika seseorang memiliki berat badan yang berlebihan akan tetapi memiliki komposisi lemak pada tubuhnya normal maka dapat dianggap orang tersebut lebih sehat jika dibandingkan dengan orang yang mempunyai angka IMT normal akan tetapi memiliki komposisi lemak yang berlebihan pada tubuhnya.

Ada dua jenis lemak pada tubuh, yakni lemak viseral dan juga lemak subkutan. Lemak subkutan merupakan lemak yang mana terletak pada bagian bawah kulit, sedangkan untuk lemak viseral sendiri terdapat pada bagian rongga perut serta di dekat organ tubuh.

Berlebihan jaringan pada lemak yang ada di tubuh apalagi lemak viseral mengakibatkan kesehatan dapat buruk yang disebabkan dapat meningkatkan risiko akan berbagai penyakit, contohnya seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, stroke, kanker serta penyakit Alzheimer


Lalu, berapa berat badan yang ideal serta sehat ?

Berat badan yang ideal serta sehat apabila berat badan telah sesuai dengan angka IMT yang normal serta massa lemak yang ada pada tubuh tidak tinggi.

Ada berbagai cara dalam menghitung jumlah lemak pada tubuh, contohnya seperti pemeriksaan pada ketebalan jaringan lemak yang ada di perut maupun lengan serta menimbang berat badan yang menggunakan timbangan khusus. Pemeriksaan tersebut dapat dilakukan dengan dokter gizi.

Kriteria persentase pada lemak tubuh ideal pada setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia serta jenis kelamin. Untuk wanita, persentase untuk lemak tubuh ideal dapat berkisar 25 hingga 30%, sedangkan untuk pria yaitu 18 hingga 25%.

Agar dapat mencapai berat badan yang ideal serta sehat dan juga menjaga komposisi pada lemak tubuh supaya tidak berlebihan, maka dapat menerapkan pola hidup sehat, yaitu dengan cara:

1.       Berolahraga teratur.

2.       Mengkonsumsi makanan yang sehat serta bergizi seimbang.

3.       Banyak asupan serat, protein serta karbohidrat komplek melalui sayuran,buah-buahan dan juga kacang-kacangan.

4.       Membatasi konsumsi pada makanan yang memiliki kandungan lemak trans, lemak jenuh serta kolesterol.

5.       Mengurangi makanan serta minuman manis

Setelah mengetahui penjelasan diatas, maka Anda pastinya sudah paham mengenai berat badan ideal serta penerapan untuk mencapainya. Akan tetapi jangan lupa untuk memeriksakan kondisi pada tes kesehatan secara rutin melalui dokter dan bahkan apabila diperlukan, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gizi guna memastikan jika berat badan Anda apakah sudah ideal serta jaringan pada lemak tubuh tidak berlebihan.

Deskripsi : Memiliki suatu berat badan yang ideal tidak menjamin seseorang memiliki tubuh yang sehat, akan tetapi berat badan yang sehat dan juga ideal dilihat dari persentase lemak yang ada di tubuh.

 

Share:

0 comments:

Post a Comment

Categories

Ordered List

Sample Text

Definition List